A.
Latar Belakang
Untuk mendapatkan pengakuan sebagai guru yang baik dan berhasil, maka guru
berusaha tampil di muka kelas dengan prima. Setiap guru bertanggung jawab untuk
meningkatkan kompotensi profesionalnya. Guru bertanggung jawab secara
profesional untuk terus meningkatkan kemampuannya. Dengan demikian, peningkatan
kemampuan profesional guru menjadi tugas dan bertanggung jawab guru yang
bersangkutan untuk mengupayakannya. Namun demikian tidak semua guru dapat
melakukannya secara efektif, oleh karena itu, diperlukan sarana yang dapat
menolong mereka. Kelompok kerja guru (KKG) merupakan salah satu sarana atau
wadah yang dapat dimanfaatkan guru-guru untuk meningkatkan kemampuan
profesionalnya.
Berbagai hal bisa dilakukan oleh seorang guru untuk dapat meningkatkan
profesionalismenya. Menurut Permeneg PAN dan RB no 16 tahun 2009, seorang guru
dapat melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui tiga
komponen yaitu: 1) melaksanakan
pengembangan diri, 2) melakukan
publikasi ilmiah dan 3) menemukan dan
menciptakan karya-karya innovative.
Kegiatan pengembangan diri bisa dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat
fungsional dan kegiatan kolektif guru. semua kegiatan yang dilakukan oleh guru
di kelompok kerja atau MGPM termasuk ke dalam kegiatan kolektif guru sedangkan
kegiatan lain di luar MGMP termasuk ke dalam diklat fungsional.
Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri atau kegiatan pengembangan
keprofesian berkelanjutan lainnya disamping akan dapat meningkatkan pengetahuan
dan keterampilan sebagai seorang guru, juga mendapat penghargaan angka kredit
yang dapat diperhitungkan untuk perkembangan kariernya.
B.
Tujuan
Berdasarkan paparan di atas, maka dalam rangka menciptakan guru yang
professional serta berwawasan pengetahuan yang luas dengan kemampuan dan
keterampilan yang memadai, khususnya bagi tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan tingkat Sekolah Dasar terutama mengajar di Kelas VI, maka KKG
Kelas VI Kecamatan Muntok dijadikan sebagai wahana untuk :
1.
Meningkatkan dan mengembangkan kompetensi guru serta
memotivasi kerjasama secara kompetitif sebagai tenaga pendidik dalam rangka
menumbuhkembangkan semangat dalam meningkatkan pembelajaran sesuai dengan
Standar Pelayanan Minimal/SPM dalam rangka penjamin mutu pendidikan nasional.
2.
Arena tukar rasa pengalaman dan memecahkan masalah
pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan sebagai tempat penyebaran informasi
dan komunikasi perubahan bidang pendidikan.
3.
Sebagai bengkel/wadah pembinaan tenaga kependidikan dalam
memetakan jalan dan berperan dalam proses peningkatan kualifikasi akademik
guru.
4.
Memberikan kesempatan kepada guru yang berpotensi untuk
mengembangkan kreativitas dan berbagai kemampuan, serta wawasan pengetahuan
dengan teman sejawat, dalam proses sertifikasi guru.
5.
Sebagai wahana kegiatan pengembangan diri yang bisa
dijadikan syarat dalam perhitungan usulan Penetapan Angka Kredit (PAK).
PELAKSANAAN PENGEMBANGAN
DIRI
KEGIATAN KOLEKTIF GURU
KKG
A.
KKG Bulan September 2016
a.
Waktu dan Tempat
Pelaksanaan
Waktu :
Sabtu, 15 September 2016
Tempat : SD Negeri 2 Muntok
b.
Kegiatan/Agenda
·
Evaluasi program KKG Kelas VI Kecamatan Muntok
·
Persiapan dan sosialisasi Guru Pembelajar (GP)
(registrasi akun)
c.
Deskripsi Kegiatan
Kegiatan dihadiri
oleh 20 peserta serta dihadiri oleh Ka. UPTD Pendidikan Kecamatan Muntok Bapak
M. Anwar, S.Ag. Dalam pertemuan tersebut terlaksana dengan :
1) Pengarahan dari Kepala UPTD Dikepora Kecamatan Muntok
yaitu untuk selalu meningkatkan kinerja dan tanggungjawab dalam kegiatan
belajar mengajar di sekolah terutama dalam rangka meningkatkan nilai hasil
UAS-BN Th. Pelajaran 2016/2017,
2) Evaluasi Program Kerja KKG Kelas VI Kecamatan Muntok.
Dalam hal ini usulan peserta yang diprioritaskan adalah membentuk tim pembuat
soal dari KKG Kelas VI yang dapat dijadikan bahan pertimbangan KKKS dalam
pembuatan soal, baik untuk ulangan semester maupun try out.
3) Sosialisasi dan simulasi tentang Guru Pembelajar (GP)
dengan kegiatan Registrasi akun GP
4) Beberapa hal yang dianggap perlu dan dapat membangun
kinerja dan prestasi baik guru maupun siswa kelas VI di Kecamatan Muntok.
d.
Tindak Lanjut dan
Pengembangan Diri
Peserta dapat :
o
menindaklanjuti arahan Ka. UPTD Dikepora Kecamatan Muntok
o
registrasi dan log in akun Guru Pembelajar (GP)
masing-masing
B.
KKG Bulan Oktober 2016
a.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu : Sabtu, 15 Oktober 2016
Tempat : SD Negeri 23
Muntok
b.
Kegiatan/Agenda
o
Informasi PTK/ Karil (penunjang kenaikan
pangkat)
o
Pembentukan tim perumus soal Semester dan Try
Out (TO) Th. Pembelajaran 2016/2017
o
Umum dan dianggap perlu
c.
Deskripsi Kegiatan
Dihadiri oleh 21 peserta. Rencana akan
dihadiri oleh pengawas SD sebagai narasumber tentang PTK/Karya Ilmiah harus
dibatalkan karena bersangkutan terdapat halangan sehingga beliau tidak dapat
menghadiri kegiatan ini, akan tetapi informasi tentang PTK/Karya Ilmiah yang
dapat menunjang untuk kenaikan pangkat tetap dilaksanakan melalui tukar
pendapat dan informasi dari rekan-rekan guru yang baru selesai pemberkasan
pengusulan kenaikan pangkat. Selain dari itu agenda yang dapat dilaksanakan
pada pertemuan ini adalah pembentukan Tim Pembuat Soal Semester dan Try Out
(TO) yang akan menjadi usulan dan rekomendasi bagi K3S dalam kegiatan pembuatan
soal khusus Kelas VI. Beberapa usulan yang disepakati dalam kegiatan tersebut
adalah :
1)
Pembuatan soal dilaksanakan minimal 1 bulan
sebelum kegiatan evaluasi dilaksanakan, dengan pertimbangan pengeditan dan
pengoreksian soal tidak terburu-buru sehingga kesalahan soal dapat
diminimalisir.
2)
Agar dapat dilaksanakan kegiatan bedah SKL
atau latihan pembuatan soal UAS BN dengan melibatkan pihak-pihak terkait di
bidang tersebut.
3)
Khusus untuk soal Try Out (TO) jumlah soal
disesuaikan dengan jumlah kisi-kisi dengan pertimbangan guru dapat lebih mudah
menganalisis kemampuan siswa.
4)
Melibatkan guru dalam pembuatan soal yang
dirokomendasikan KKG Kelas VI Kecamatan Muntok.
5)
Agar operator pengetikan soal Matematika
Kelas VI (semester/TO) tidak digabungkan tugasnya dengan kelas yang lain.
d.
Tindak Lanjut dan Pengembangan Diri
ü Menyusun tim pembuat soal kelas VI
ü Menyampaikan laporan tentang susunan tim pembuat soal dan usulan kepada
KKKS Kecamatan Muntok untuk dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam
pembuatan soal
ü Guru yang ditunjuk agar dapat melaksanakan tugas yang diberikan dengan
sebaik-baiknya.
C.
KKG Bulan November 2016
a.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu : Sabtu, 26 November 2016
Tempat : SD Negeri 1 Muntok
b.
Kegiatan
ü Informasi PTK/ Karil (penunjang kenaikan pangkat)
ü Umum dan dianggap perlu
c.
Deskripsi Kegiatan
Dihadiri 25 peserta serta Bapak Marjono, S.Pd
sebagai narasumber. Bapak Marjono, S.Pd selain berstatus sebagai Penilik di
UPTD Dikepora Kecamatan Muntok, beliau juga merupakan Tim Penilai Karya Tulis
Ilmiah Jabatan Fungsional Guru Dikepora Kab. Bangka Barat, sehingga dalam
kegiatan KKG kali ini memaparkan tentang Publikasi Karya Ilmiah. Diantara
kesimpulan materi yang disampaikan :
o
Karya Tulis Ilmiah adalah “LAPORAN HASIL
PENELITIAN” >> berisi laporan hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendidikan, dilaksanakan di
sekolah dan sesuai dengan tupoksinya (Umumnya PTK)
o
Publikasi karya ilmiah adalah berupa 1)
Presentasi pada forum ilmiah, 2) Publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan
inovatif, 3) Publikasi buku pelajaran, dan atau buku pedoman guru.
o
Publikasi ilmiah ada 10 macam yaitu 1)
presentasi di forum ilmiah, 2) hasil penelitian, 3) tinjauan ilmiah, 4) tulisan
ilmiah populer, 5) artikel ilmiah, 6) buku pelajaran, 7) modul/diktat, 8) buku
dalam bidang pendidikan, 9) karya terjemahan, 10) bukupedoman guru
o
Hubungan karya ilmiah dalam kenaikan pangkat
dan golongan PNS
o
Permennegpan no 16 Tahun 2009
o
yang terpenting adalah KEMAUAN untuk mau
memulai menulis Karya Ilmiah.
d.
Tindak Lanjut dan Pengembangan Diri
Setelah kegiatan ini peserta diharapkan agar
dapat :
ü Memiliki pengetahuan tentang penulisan karya ilmiah serta fungsi dan
tujuannya baik dalam rangka peningkatan kompetensi dan karir.
ü Memiliki kemampuan dan kemauan untuk mau menulis berupa hasil penelitian
tindakan kelas.
ü Melaporkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan untuk dapat
dipresentasikan pada kegiatan KKG.
D.
KKG Bulan Februari 2017 (pertemuan I)
a.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu : Sabtu, 18 Februari 2017
Tempat : SD Negeri 3 Muntok
b.
Kegiatan
ü Sharing (tukar pikiran) metode pembelajaran di antara guru
c.
Deskripsi Kegiatan
Dihadiri 25 peserta serta dihadiri oleh
Pengawas SD Kecamatan Muntok Bapak Ridwan Bahnan, S.Ag. Dalam amanatnya, beliau
mengingatkan beberapa hal diantaranya tentang pentingnya peranan kegiatan KKG
dalam menunjang dan menuju pendidikan yang lebih baik terutama di Kecamatan
Muntok ini, karena dilihat dari status peringkat guru dan siswa baik di skala
nasional maupun regional masih kurang memuaskan. Selain daripada itu beliau pun
berpesan agar guru mau menyisihkan waktu untuk mengikuti kegiatan ini, karena
dengan kegiatan pertemuan guru inilah bisa untuk saling bertukar pikiran,
menambah ilmu dan memecahkan masalah dalam kegiatan pembelajaran, sehingga bisa
saling memotivasi antar guru ketika di kelas. Ujar beliau.
Dalam agenda kegiatan ini, untuk sharing
(berbagi metode/teknik) dalam pembelajaran dalam rangka meningkatkan nilai
prestasi siswa terutama dalam Try Out (TO) dan UAS disampaikan oleh Ibu Habibah
Nasution, S.Pd (guru SD Negeri 1 Muntok). Dalam penyampaian beliau,
mengingatkan semua guru bahwa guru harus selalu bekerja keras dalam mendorong
semangat siswa dalam belajar. Diantara usaha yang bisa dilakukan terutama dalam
mempersiapkan siswa menghadapi Try Out (TO) dan UAS adalah dengan memperbanyak
latihan soal sesuai dengan kisi-kisi yang sudah dibagikan. Begitu pula untuk
membantu siswa dalam memahami dan terbiasa dengan rumus tertentu pada pelajaran
Matematika adalah juga dengan memberikan tugas untuk mencocokkan atau mencari
contoh soal yang sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan. Kemudian tidak lupa
untuk mengingatkan siswa untuk beribadah dan berdo'a agar diberikan kemudahan
dalam belajar dan ujian nantinya. Ucapnya.
Dalam kegiatan ini juga memusyawarahkan
tentang rencana kegiatan Workshop Guru. Hasil musyawarah diagendakan setelah
siswa kelas VI melaksanakan UAS 2016/2017.
d.
Tindak Lanjut dan Pengembangan Diri
Peserta dapat :
ü Menindaklanjuti arahan pengawas SD Kecamatan Muntok
ü Terinspirasi dengan metode yang disampaikan
ü Saling memberikan dorongan dan inspirasi dalam memperbaiki proses
pembelajaran di kelas.
ü Mengimplementasikan metode pembelajaran yang sesuai dalam proses
pembelajaran.
E.
KKG Bulan Februari 2017 (pertemuan II)
a.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu : Selasa, 28 Februari 2017
Tempat : SD Negeri 1 Muntok
b.
Kegiatan
ü Bedah SKL
ü Pembuatan Soal Try Out Tahun Pelajaran 2016/2017
c.
Deskripsi Kegiatan
Dihadiri oleh seluruh guru kelas VI se
Kecamatan Muntok bersama dengan suluruh kepala sekolah se Kecamatan Muntok.
Setelah laporan ketua pelaksana kegiatan dalam hal ini Ketua KKKS Kecamatan
Muntok Bapak Mirwan Piadi, S.Pd.SD, kegiatan dibuka oleh Ka. Dinas Pendidikan
Kepemudaan Olahraga Kabupaten Bangka Barat yang diwakili oleh Sekretaris
Dikepora Drs. Yusuf Yudhono, menyampaikan beberapa hal diantaranya tentang
usaha yang dilakukan dinas pendidikan dalam menunjang perbaikan kualitas
pendidikan di Bangka Barat, serta menyampaikan tentang pentingya peran
pembuatan soal yang berkualitas dalam menunjang perbaikan kualitas nilai
pendidikan di Kabupaten Bangka Barat.
Selanjutnya tentang pembuatan soal try out
yang sesuai dengan SKL oleh Bapak Budi Waluyo, M.Pd dari Pangkalpinang.
Sebelumnya beliau menyampaikan untuk mempersiapkan Ujian Sekolah tahun 2017,
guru wajib memberikan materi pembelajaran baik saat jam pelajaran maupun di
luar jam pelajaran. Selain dari segi pemberian materi, guru juga harus
memberikan support/dukungan agar peserta didik benar-benar yakin akan
kemampuannya.
Kaitannya dengan Ujian Sekolah yang akan
digelar beberapa bulan kedepan, kesiapan peserta didik tingkat akhir (kelas 6)
harus ditingkatkan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan soal-soal
latihan secara berkala agar peserta didik terbiasa dengan soal-soal Ujian yang
akan dihadapi saat ujian mendatang, terutama dalam pelaksanaan Try Out soal
yang diberikan harus berkualitas dan sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan
(SKL) yang telah ditetapkan.
Sedangkan pembuatan soal sekarang mengacu
kepada soal Higher-Order Thinking (HOT). Higher-order thinking adalah ketika mengingat
kembali informasi (recall atau ingatan) diminimalkan dan penekanan diberikan
terhadap :
§ mentransfer informasi dari satu konteks ke konteks lainnya
§ memproses dan menerapkan informasi
§ melihat keterkaitan antara informasi yang berbeda-beda
§ menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah
§ secara kritis mengkaji/menelaah ide atau gagasan dan informasi
Standar Level Kemampuan peserta didik :
Standar Level Kemampuan peserta didik :
o
LEVEL 1: Peserta didik memiliki kemampuan
standar minimum dalam menguasai pelajaran (Knowing)
o
LEVEL 2: Peserta didik memiliki kemampuan
aplikatif (Applying)
o
LEVEL 3: Peserta didik memiliki kemampuan
penalaran dan logika (Reasoning).
Setelah penyampaian materi, kegiatan
selanjutnya adalah pembuatan soal Try Out yang sebelumnya telah diberikan
pembagian tugas kepada masing-masing guru yang dipandu oleh KKKS Kecamatan
Muntok.
d.
Tindak Lanjut dan Pengembangan Diri
Guru Kelas VI dapat :
ü membuat soal try out yang baik dan berkualitas.
ü mengaplikasikan pembuatan soal HOT dalam kegiatan pembelajaran
ü berbagi pengetahuan yang telah diterima kepada teman sejawat pada unit
kerja masing-masing.
F.
KKG Bulan Maret 2017
a.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu : Sabtu, 11 Maret 2017
Tempat : SD Negeri 4 Muntok
b.
Kegiatan
§ Pemaparan Strategi Proses Pembelajaran di Kelas
§ Aplikasi Kisi-kisi Evaluasi Try Out Th. Pelajaran 2016/2017
§ Pemantapan Rencana Workshop 2017
c.
Deskripsi Kegiatan
Dihadiri 25 peserta serta Ketua KKKS Kecamatan Muntok Bapak Mirwan Piadi,
S.Pd.SD untuk menyampaikan beberapa informasi berkenaan dengan kegiatan bedah
SKL yang telah dilaksanakan dan soal Try Out 2016/2017.
Selanjutnya pemaparan strategi pembelajaran dari Ibu Donaria Marbun,
S.Pd.SD dari SD Santa Maria Muntok. Dalam pemaparannya bahwa SD Santa Maria
Muntok jika selama ini selalu dalam peringkat pertama hasil UAS-BN bukan
dikarenakan kelas VI terdiri dari siswa-siswi yang pintar dan cerdas, pada
dasarnya sama dengan dengan kelas VI di sekolah lain, ada yang aktif, super
aktif, dan lamban menerima pelajaran serta masalah lainnya, yang membedakannya
barangkali adalah strategi yang dilakukan di SD Santa Maria terutama untuk
kelas VI. Khusus di kelas VI beliau ditugaskan diantara strategi mengajar yang
beliau gunakan adalah :
1)
Menjaga hubungan komunikasi aktif baik kepada siswa maupun orang tua/wali
siswa.
Contoh :
ü ketika anak tidak masuk sekolah, guru aktif untuk mencari kabar alasan
mengapa anak tersebut tidak masuk.
ü khusus anak yang bermasalah dalam belajar, guru datang berkunjung ke rumah
anak tersebut untuk mengetahui sejauh mana orang tua dalam memberikan bimbingan
kepada anaknya.
ü membuat group BBM kelas
2)
Bersikap tegas dan menyenangkan
Contoh :
ü ketika siswa dalam keadaan bermain, guru tidak segan-segan untuk ikut dalam
permainan yang dilakukan anak baik yang dilakukan di lingkungan sekolah maupun
di luar jam sekolah. Tapi ketika di saat waktu belajar, siswa dituntut untuk
bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran.
ü guru mau diajak untuk berdiskusi dan duduk bersama dalam memahami sebuah
pelajaran.
ü menghadapi siswa yang lamban mengerjakan tugas karena tidak serius, guru
akan memerintahkan mengerjakan tugas tersebut di dekat meja guru.
3)
Mengejar dan mencapai target
Contoh :
ketika siswa diberikan tugas yang harus selesai akan tetapi sampai tiba
waktu pulang sekolah tugas belum juga selesai, maka tugas akan tetap
dilanjutkan sampai selesai.
Setelah pemaparan, berkenaan dengan Try Out pada kesempatan itu pula
disampaikan aplikasi Excel untuk analisis evaluasi Try Out. Tidak jauh beda
dengan aplikasi tahun sebelumnya, perbedaannya hanya kepada penambahan nilai
Pendidikan Agama Islam pada rekapitulasi nilainya.
d.
Tindak Lanjut dan Pengembangan Diri
Berkenaan dengan strategi pembelajaran yang disampaikan, diharapkan peserta
dapat :
ü Memiliki rasa empati yang tinggi kepada peserta didik
ü Menjaga komunikasi terhadap peserta didik maupun kepada pihak yang dapat
memberikan dorongan positif kepada peserta didik terutama kepada wali murid
agar dapat mengetahui hal-hal yang dapat menghambat siswa dalam pembelajaran.
Berkenaan dengan aplikasi analisis try out
agar guru dapat mengumpulkan hasilnya sebelum UAS-BN.
G.
KKG Bulan April 2017
a.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu : Sabtu, 22 April 2017
Tempat : SD Negeri 5 Muntok
b.
Kegiatan
§ Evaluasi Hasil Try Out 2016/2017
§ Pemantapan Rencana Workshop 2017
c.
Deskripsi Kegiatan
Dihadiri 25 peserta, kegiatan terlaksana
dengan :
ü penyampaian hasil try out dari setiap sekolah.
ü penyampaian permasalahan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan try out
tentang kualitas soal yang tidak sesuai harapan.
ü penyampaian tanggapan dalam memperbaiki kualitas soal untuk try out pada
tahun ajaran berikutnya, yaitu :
1.
komunikasi yang baik antara KKKS sebagai pemegang
kewenangan dalam pembuatan soal
2.
penunjukan operator pengetikan soal yang
memiliki kemampuan TIK yang handal
3.
mengedepankan kepentingan bersama dalam
penentuan tim pembuatan soal.
ü musyawarah tentang persiapan workshop KKG Kelas VI Kecamatan Muntok.
d.
Tindak Lanjut dan Pengembangan Diri
Setelah kegiatan ini peserta dapat :
ü melakukan perbaikan individu dalam meningkatkan nilai try out pada tahun
ajaran berikutnya.
ü saling memberikan informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas
soal baik soal semester mauput Try Out.
REKAPITULASI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
KEGIATAN KOLEKTIF GURU KKG
No
|
Nama Kegiatan
|
Agenda
|
Peran Guru
|
Waktu
|
Narasumber
|
Tempat Kegiatan
|
1
|
KKG Bulan September 2016
|
• Evaluasi
program KKG Kelas VI Kecamatan Muntok
• Persiapan
dan sosialisasi Guru Pembelajar (GP) (registrasi akun)
|
Ketua
|
Sabtu, 15 September 2016
|
1.
M. Anwar, S.Ag
2.
Isriyanto, S.Pd.SD
|
SD Negeri 2 Muntok
|
2
|
KKG Bulan Oktober 2016
|
o Informasi
PTK/ Karil (penunjang kenaikan pangkat)
o Pembentukan
tim perumus soal Semester dan Try Out (TO) Th. Pembelajaran 2016/2017
|
Ketua
|
Sabtu, 15 Oktober 2016
|
Antar Guru
|
SD Negeri 23 Muntok
|
3
|
KKG Bulan November 2016
|
Publikasi Karya Ilmiah
|
Ketua
|
Sabtu, 26 November 2016
|
Marjono, S.Pd
|
SD Negeri 1 Muntok
|
4
|
KKG Bulan Februari 2017
(pertemuan I)
|
Sharing (tukar
pikiran) metode pembelajaran di antara guru
|
Ketua
|
Sabtu, 18 Februari 2017
|
Ridwan Bahnan, S.Ag
Habibah Nasution, S.Pd
|
SD Negeri 3 Muntok
|
5
|
KKG Bulan Februari 2017
(pertemuan II)
|
ü Bedah SKL
ü Pembuatan Soal Try Out Tahun Pelajaran
2016/2017
|
Ketua
|
Selasa, 28 Februari 2017
|
Drs. Yusuf Yudhono
Budi Waluyo, M.Pd Mirwan Piadi, S.Pd.SD
|
SD Negeri 1 Muntok
|
6
|
KKG Bulan Maret 2017
|
ü Pemaparan Strategi Proses Pembelajaran di
Kelas
ü Aplikasi Kisi-kisi Evaluasi Try Out Th.
Pelajaran 2016/2017
|
Ketua
|
Sabtu, 11 Maret 2017
|
Mirwan Piadi, S.Pd.SD
Donaria Marbun, S.Pd.SD
|
SD Negeri 4 Muntok
|
7
|
KKG Bulan April 2017
|
ü Evaluasi Hasil Try Out 2016/2017
|
Ketua
|
Sabtu, 22 April 2017
|
Antar Guru
|
SD Negeri 5 Muntok
|
PENUTUP
Demikian laporan yang
dapat kami sampaikan untuk dapat dijadikan sebagai bahan pengembangan diri kegiatan
kolektif guru KKG bagi penulis dan agar bisa dijadikan sebagai bahan
perhitungan usulan Penetapan Angka Kredit (PAK) satu tahun.