Selasa, 31 Oktober 2017

KEGIATAN KOLEKTIF GURU KKG 2016/2017


PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang
Untuk mendapatkan pengakuan sebagai guru yang baik dan berhasil, maka guru berusaha tampil di muka kelas dengan prima. Setiap guru bertanggung jawab untuk meningkatkan kompotensi profesionalnya. Guru bertanggung jawab secara profesional untuk terus meningkatkan kemampuannya. Dengan demikian, peningkatan kemampuan profesional guru menjadi tugas dan bertanggung jawab guru yang bersangkutan untuk mengupayakannya. Namun demikian tidak semua guru dapat melakukannya secara efektif, oleh karena itu, diperlukan sarana yang dapat menolong mereka. Kelompok kerja guru (KKG) merupakan salah satu sarana atau wadah yang dapat dimanfaatkan guru-guru untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya.
Berbagai hal bisa dilakukan oleh seorang guru untuk dapat meningkatkan profesionalismenya. Menurut Permeneg PAN dan RB no 16 tahun 2009, seorang guru dapat melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui tiga komponen yaitu: 1) melaksanakan pengembangan diri, 2) melakukan publikasi ilmiah dan 3) menemukan dan menciptakan karya-karya innovative.
Kegiatan pengembangan diri bisa dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. semua kegiatan yang dilakukan oleh guru di kelompok kerja atau MGPM termasuk ke dalam kegiatan kolektif guru sedangkan kegiatan lain di luar MGMP termasuk ke dalam diklat fungsional.
Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri atau kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan lainnya disamping akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang guru, juga mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk perkembangan kariernya.

B.      Tujuan
Berdasarkan paparan di atas, maka dalam rangka menciptakan guru yang professional serta berwawasan pengetahuan yang luas dengan kemampuan dan keterampilan yang memadai, khususnya bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan tingkat Sekolah Dasar terutama mengajar di Kelas VI, maka KKG Kelas VI Kecamatan Muntok dijadikan sebagai wahana untuk :
1.      Meningkatkan dan mengembangkan kompetensi guru serta memotivasi kerjasama secara kompetitif sebagai tenaga pendidik dalam rangka menumbuhkembangkan semangat dalam meningkatkan pembelajaran sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal/SPM dalam rangka penjamin mutu pendidikan nasional.
2.      Arena tukar rasa pengalaman dan memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan sebagai tempat penyebaran informasi dan komunikasi perubahan bidang pendidikan.
3.      Sebagai bengkel/wadah pembinaan tenaga kependidikan dalam memetakan jalan dan berperan dalam proses peningkatan kualifikasi akademik guru.
4.      Memberikan kesempatan kepada guru yang berpotensi untuk mengembangkan kreativitas dan berbagai kemampuan, serta wawasan pengetahuan dengan teman sejawat, dalam proses sertifikasi guru.
5.      Sebagai wahana kegiatan pengembangan diri yang bisa dijadikan syarat dalam perhitungan usulan Penetapan Angka Kredit (PAK).


PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI
KEGIATAN KOLEKTIF GURU KKG

 A.     KKG Bulan September 2016
a.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu              : Sabtu, 15 September 2016
Tempat            : SD Negeri 2 Muntok

b.      Kegiatan/Agenda
·         Evaluasi program KKG Kelas VI Kecamatan Muntok
·         Persiapan dan sosialisasi Guru Pembelajar (GP) (registrasi akun)

c.       Deskripsi Kegiatan
Kegiatan dihadiri oleh 20 peserta serta dihadiri oleh Ka. UPTD Pendidikan Kecamatan Muntok Bapak M. Anwar, S.Ag. Dalam pertemuan tersebut terlaksana dengan :
1) Pengarahan dari Kepala UPTD Dikepora Kecamatan Muntok yaitu untuk selalu meningkatkan kinerja dan tanggungjawab dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam rangka meningkatkan nilai hasil UAS-BN Th. Pelajaran 2016/2017,
2)     Evaluasi Program Kerja KKG Kelas VI Kecamatan Muntok. Dalam hal ini usulan peserta yang diprioritaskan adalah membentuk tim pembuat soal dari KKG Kelas VI yang dapat dijadikan bahan pertimbangan KKKS dalam pembuatan soal, baik untuk ulangan semester maupun try out.
3)   Sosialisasi dan simulasi tentang Guru Pembelajar (GP) dengan kegiatan Registrasi akun GP
4)    Beberapa hal yang dianggap perlu dan dapat membangun kinerja dan prestasi baik guru maupun siswa kelas VI di Kecamatan Muntok.

d.      Tindak Lanjut dan Pengembangan Diri
Peserta dapat :
o   menindaklanjuti arahan Ka. UPTD  Dikepora Kecamatan Muntok
o   registrasi dan log in akun Guru Pembelajar (GP) masing-masing


B.      KKG Bulan Oktober 2016
a.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu             : Sabtu, 15 Oktober 2016
Tempat            : SD Negeri 23 Muntok

b.      Kegiatan/Agenda
o   Informasi PTK/ Karil (penunjang kenaikan pangkat)
o   Pembentukan tim perumus soal Semester dan Try Out (TO) Th. Pembelajaran 2016/2017
o   Umum dan dianggap perlu

c.       Deskripsi Kegiatan
Dihadiri oleh 21 peserta. Rencana akan dihadiri oleh pengawas SD sebagai narasumber tentang PTK/Karya Ilmiah harus dibatalkan karena bersangkutan terdapat halangan sehingga beliau tidak dapat menghadiri kegiatan ini, akan tetapi informasi tentang PTK/Karya Ilmiah yang dapat menunjang untuk kenaikan pangkat tetap dilaksanakan melalui tukar pendapat dan informasi dari rekan-rekan guru yang baru selesai pemberkasan pengusulan kenaikan pangkat. Selain dari itu agenda yang dapat dilaksanakan pada pertemuan ini adalah pembentukan Tim Pembuat Soal Semester dan Try Out (TO) yang akan menjadi usulan dan rekomendasi bagi K3S dalam kegiatan pembuatan soal khusus Kelas VI. Beberapa usulan yang disepakati dalam kegiatan tersebut adalah :
1)      Pembuatan soal dilaksanakan minimal 1 bulan sebelum kegiatan evaluasi dilaksanakan, dengan pertimbangan pengeditan dan pengoreksian soal tidak terburu-buru sehingga kesalahan soal dapat diminimalisir.
2)      Agar dapat dilaksanakan kegiatan bedah SKL atau latihan pembuatan soal UAS BN dengan melibatkan pihak-pihak terkait di bidang tersebut.
3)      Khusus untuk soal Try Out (TO) jumlah soal disesuaikan dengan jumlah kisi-kisi dengan pertimbangan guru dapat lebih mudah menganalisis kemampuan siswa.
4)      Melibatkan guru dalam pembuatan soal yang dirokomendasikan KKG Kelas VI Kecamatan Muntok.
5)      Agar operator pengetikan soal Matematika Kelas VI (semester/TO) tidak digabungkan tugasnya dengan kelas yang lain.


d.      Tindak Lanjut dan Pengembangan Diri
ü  Menyusun tim pembuat soal kelas VI
ü  Menyampaikan laporan tentang susunan tim pembuat soal dan usulan kepada KKKS Kecamatan Muntok untuk dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam pembuatan soal
ü  Guru yang ditunjuk agar dapat melaksanakan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

C.      KKG Bulan November 2016
a.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu              : Sabtu, 26 November 2016
Tempat            : SD Negeri 1 Muntok

b.      Kegiatan
ü  Informasi PTK/ Karil (penunjang kenaikan pangkat)
ü  Umum dan dianggap perlu
c.       Deskripsi Kegiatan
Dihadiri 25 peserta serta Bapak Marjono, S.Pd sebagai narasumber. Bapak Marjono, S.Pd selain berstatus sebagai Penilik di UPTD Dikepora Kecamatan Muntok, beliau juga merupakan Tim Penilai Karya Tulis Ilmiah Jabatan Fungsional Guru Dikepora Kab. Bangka Barat, sehingga dalam kegiatan KKG kali ini memaparkan tentang Publikasi Karya Ilmiah. Diantara kesimpulan materi yang disampaikan :
o   Karya Tulis Ilmiah adalah “LAPORAN HASIL PENELITIAN” >> berisi laporan hasil penelitian yang dilakukan guru  pada bidang pendidikan, dilaksanakan di sekolah dan sesuai dengan tupoksinya (Umumnya PTK)
o   Publikasi karya ilmiah adalah berupa 1) Presentasi pada forum ilmiah, 2) Publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan inovatif, 3) Publikasi buku pelajaran, dan atau buku pedoman guru.
o   Publikasi ilmiah ada 10 macam yaitu 1) presentasi di forum ilmiah, 2) hasil penelitian, 3) tinjauan ilmiah, 4) tulisan ilmiah populer, 5) artikel ilmiah, 6) buku pelajaran, 7) modul/diktat, 8) buku dalam bidang pendidikan, 9) karya terjemahan, 10) bukupedoman guru
o   Hubungan karya ilmiah dalam kenaikan pangkat dan golongan PNS
o   Permennegpan no 16 Tahun 2009
o   yang terpenting adalah KEMAUAN untuk mau memulai menulis Karya Ilmiah.
d.      Tindak Lanjut dan Pengembangan Diri
Setelah kegiatan ini peserta diharapkan agar dapat :
ü  Memiliki pengetahuan tentang penulisan karya ilmiah serta fungsi dan tujuannya baik dalam rangka peningkatan kompetensi dan karir.
ü  Memiliki kemampuan dan kemauan untuk mau menulis berupa hasil penelitian tindakan kelas.
ü  Melaporkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan untuk dapat dipresentasikan pada kegiatan KKG.

D.     KKG Bulan Februari 2017 (pertemuan I)
a.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu              : Sabtu, 18 Februari 2017
Tempat            : SD Negeri 3 Muntok

b.      Kegiatan
ü  Sharing (tukar pikiran) metode pembelajaran di antara guru

c.       Deskripsi Kegiatan
Dihadiri 25 peserta serta dihadiri oleh Pengawas SD Kecamatan Muntok Bapak Ridwan Bahnan, S.Ag. Dalam amanatnya, beliau mengingatkan beberapa hal diantaranya tentang pentingnya peranan kegiatan KKG dalam menunjang dan menuju pendidikan yang lebih baik terutama di Kecamatan Muntok ini, karena dilihat dari status peringkat guru dan siswa baik di skala nasional maupun regional masih kurang memuaskan. Selain daripada itu beliau pun berpesan agar guru mau menyisihkan waktu untuk mengikuti kegiatan ini, karena dengan kegiatan pertemuan guru inilah bisa untuk saling bertukar pikiran, menambah ilmu dan memecahkan masalah dalam kegiatan pembelajaran, sehingga bisa saling memotivasi antar guru ketika di kelas. Ujar beliau.
Dalam agenda kegiatan ini, untuk sharing (berbagi metode/teknik) dalam pembelajaran dalam rangka meningkatkan nilai prestasi siswa terutama dalam Try Out (TO) dan UAS disampaikan oleh Ibu Habibah Nasution, S.Pd (guru SD Negeri 1 Muntok). Dalam penyampaian beliau, mengingatkan semua guru bahwa guru harus selalu bekerja keras dalam mendorong semangat siswa dalam belajar. Diantara usaha yang bisa dilakukan terutama dalam mempersiapkan siswa menghadapi Try Out (TO) dan UAS adalah dengan memperbanyak latihan soal sesuai dengan kisi-kisi yang sudah dibagikan. Begitu pula untuk membantu siswa dalam memahami dan terbiasa dengan rumus tertentu pada pelajaran Matematika adalah juga dengan memberikan tugas untuk mencocokkan atau mencari contoh soal yang sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan. Kemudian tidak lupa untuk mengingatkan siswa untuk beribadah dan berdo'a agar diberikan kemudahan dalam belajar dan ujian nantinya. Ucapnya.
Dalam kegiatan ini juga memusyawarahkan tentang rencana kegiatan Workshop Guru. Hasil musyawarah diagendakan setelah siswa kelas VI melaksanakan UAS 2016/2017.

d.      Tindak Lanjut dan Pengembangan Diri
Peserta dapat :
ü  Menindaklanjuti arahan pengawas SD Kecamatan Muntok
ü  Terinspirasi dengan metode yang disampaikan
ü  Saling memberikan dorongan dan inspirasi dalam memperbaiki proses pembelajaran di kelas.
ü  Mengimplementasikan metode pembelajaran yang sesuai dalam proses pembelajaran.

E.      KKG Bulan Februari 2017 (pertemuan II)
a.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu              : Selasa, 28 Februari 2017
Tempat            : SD Negeri 1 Muntok

b.      Kegiatan
ü  Bedah SKL
ü  Pembuatan Soal Try Out Tahun Pelajaran 2016/2017

c.       Deskripsi Kegiatan
Dihadiri oleh seluruh guru kelas VI se Kecamatan Muntok bersama dengan suluruh kepala sekolah se Kecamatan Muntok. Setelah laporan ketua pelaksana kegiatan dalam hal ini Ketua KKKS Kecamatan Muntok Bapak Mirwan Piadi, S.Pd.SD, kegiatan dibuka oleh Ka. Dinas Pendidikan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Bangka Barat yang diwakili oleh Sekretaris Dikepora Drs. Yusuf Yudhono, menyampaikan beberapa hal diantaranya tentang usaha yang dilakukan dinas pendidikan dalam menunjang perbaikan kualitas pendidikan di Bangka Barat, serta menyampaikan tentang pentingya peran pembuatan soal yang berkualitas dalam menunjang perbaikan kualitas nilai pendidikan di Kabupaten Bangka Barat.
Selanjutnya tentang pembuatan soal try out yang sesuai dengan SKL oleh Bapak Budi Waluyo, M.Pd dari Pangkalpinang. Sebelumnya beliau menyampaikan untuk mempersiapkan Ujian Sekolah tahun 2017, guru wajib memberikan materi pembelajaran baik saat jam pelajaran maupun di luar jam pelajaran. Selain dari segi pemberian materi, guru juga harus memberikan support/dukungan agar peserta didik benar-benar yakin akan kemampuannya.
Kaitannya dengan Ujian Sekolah yang akan digelar beberapa bulan kedepan, kesiapan peserta didik tingkat akhir (kelas 6) harus ditingkatkan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan soal-soal latihan secara berkala agar peserta didik terbiasa dengan soal-soal Ujian yang akan dihadapi saat ujian mendatang, terutama dalam pelaksanaan Try Out soal yang diberikan harus berkualitas dan sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.
Sedangkan pembuatan soal sekarang mengacu kepada soal Higher-Order Thinking (HOT). Higher-order thinking adalah ketika mengingat kembali informasi (recall atau ingatan) diminimalkan dan penekanan diberikan terhadap :
§  mentransfer informasi dari satu konteks ke konteks lainnya
§  memproses dan menerapkan informasi
§  melihat keterkaitan antara informasi yang berbeda-beda 
§  menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah 
§  secara kritis mengkaji/menelaah ide atau gagasan dan informasi  
Standar Level Kemampuan peserta didik :
o   LEVEL 1: Peserta didik memiliki kemampuan standar minimum dalam menguasai pelajaran (Knowing)
o   LEVEL 2: Peserta didik memiliki kemampuan aplikatif (Applying)
o   LEVEL 3: Peserta didik memiliki kemampuan penalaran dan logika (Reasoning).
Setelah penyampaian materi, kegiatan selanjutnya adalah pembuatan soal Try Out yang sebelumnya telah diberikan pembagian tugas kepada masing-masing guru yang dipandu oleh KKKS Kecamatan Muntok.

d.      Tindak Lanjut dan Pengembangan Diri
Guru Kelas VI dapat :
ü  membuat soal try out yang baik dan berkualitas.
ü  mengaplikasikan pembuatan soal HOT dalam kegiatan pembelajaran
ü  berbagi pengetahuan yang telah diterima kepada teman sejawat pada unit kerja masing-masing.

F.      KKG Bulan Maret 2017
a.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu   : Sabtu, 11 Maret 2017
Tempat : SD Negeri 4 Muntok

b.      Kegiatan
§  Pemaparan Strategi Proses Pembelajaran di Kelas
§  Aplikasi Kisi-kisi Evaluasi Try Out Th. Pelajaran 2016/2017
§  Pemantapan Rencana Workshop 2017

c.       Deskripsi Kegiatan
Dihadiri 25 peserta serta Ketua KKKS Kecamatan Muntok Bapak Mirwan Piadi, S.Pd.SD untuk menyampaikan beberapa informasi berkenaan dengan kegiatan bedah SKL yang telah dilaksanakan dan soal Try Out 2016/2017.
Selanjutnya pemaparan strategi pembelajaran dari Ibu Donaria Marbun, S.Pd.SD dari SD Santa Maria Muntok. Dalam pemaparannya bahwa SD Santa Maria Muntok jika selama ini selalu dalam peringkat pertama hasil UAS-BN bukan dikarenakan kelas VI terdiri dari siswa-siswi yang pintar dan cerdas, pada dasarnya sama dengan dengan kelas VI di sekolah lain, ada yang aktif, super aktif, dan lamban menerima pelajaran serta masalah lainnya, yang membedakannya barangkali adalah strategi yang dilakukan di SD Santa Maria terutama untuk kelas VI. Khusus di kelas VI beliau ditugaskan diantara strategi mengajar yang beliau gunakan adalah :
1)      Menjaga hubungan komunikasi aktif baik kepada siswa maupun orang tua/wali siswa.
Contoh :
ü  ketika anak tidak masuk sekolah, guru aktif untuk mencari kabar alasan mengapa anak tersebut tidak masuk.
ü  khusus anak yang bermasalah dalam belajar, guru datang berkunjung ke rumah anak tersebut untuk mengetahui sejauh mana orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anaknya.
ü  membuat group BBM kelas
2)      Bersikap tegas dan menyenangkan
Contoh :
ü  ketika siswa dalam keadaan bermain, guru tidak segan-segan untuk ikut dalam permainan yang dilakukan anak baik yang dilakukan di lingkungan sekolah maupun di luar jam sekolah. Tapi ketika di saat waktu belajar, siswa dituntut untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran.
ü  guru mau diajak untuk berdiskusi dan duduk bersama dalam memahami sebuah pelajaran.
ü  menghadapi siswa yang lamban mengerjakan tugas karena tidak serius, guru akan memerintahkan mengerjakan tugas tersebut di dekat meja guru.

3)      Mengejar dan mencapai target
Contoh :
ketika siswa diberikan tugas yang harus selesai akan tetapi sampai tiba waktu pulang sekolah tugas belum juga selesai, maka tugas akan tetap dilanjutkan sampai selesai.
Setelah pemaparan, berkenaan dengan Try Out pada kesempatan itu pula disampaikan aplikasi Excel untuk analisis evaluasi Try Out. Tidak jauh beda dengan aplikasi tahun sebelumnya, perbedaannya hanya kepada penambahan nilai Pendidikan Agama Islam pada rekapitulasi nilainya.

d.      Tindak Lanjut dan Pengembangan Diri
Berkenaan dengan strategi pembelajaran yang disampaikan, diharapkan peserta dapat :
ü  Memiliki rasa empati yang tinggi kepada peserta didik
ü  Menjaga komunikasi terhadap peserta didik maupun kepada pihak yang dapat memberikan dorongan positif kepada peserta didik terutama kepada wali murid agar dapat mengetahui hal-hal yang dapat menghambat siswa dalam pembelajaran.
Berkenaan dengan aplikasi analisis try out agar guru dapat mengumpulkan hasilnya sebelum UAS-BN.

G.     KKG Bulan April 2017
a.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu              : Sabtu, 22 April 2017
Tempat            : SD Negeri 5 Muntok


b.      Kegiatan
§  Evaluasi Hasil Try Out 2016/2017
§  Pemantapan Rencana Workshop 2017

c.       Deskripsi Kegiatan
Dihadiri 25 peserta, kegiatan terlaksana dengan :
ü  penyampaian hasil try out dari setiap sekolah.
ü  penyampaian permasalahan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan try out tentang kualitas soal yang tidak sesuai harapan.
ü  penyampaian tanggapan dalam memperbaiki kualitas soal untuk try out pada tahun ajaran berikutnya, yaitu :
1.      komunikasi yang baik antara KKKS sebagai pemegang kewenangan dalam pembuatan soal
2.      penunjukan operator pengetikan soal yang memiliki kemampuan TIK yang handal
3.      mengedepankan kepentingan bersama dalam penentuan tim pembuatan soal.
ü  musyawarah tentang persiapan workshop KKG Kelas VI Kecamatan Muntok.

d.      Tindak Lanjut dan Pengembangan Diri
Setelah kegiatan ini peserta dapat :
ü  melakukan perbaikan individu dalam meningkatkan nilai try out pada tahun ajaran berikutnya.
ü  saling memberikan informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas soal baik soal semester mauput Try Out.

REKAPITULASI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
KEGIATAN KOLEKTIF GURU KKG
No
Nama Kegiatan
Agenda
Peran Guru
Waktu
Narasumber
Tempat Kegiatan
1
KKG Bulan September 2016
•   Evaluasi program KKG Kelas VI Kecamatan Muntok
•   Persiapan dan sosialisasi Guru Pembelajar (GP) (registrasi akun)
Ketua
Sabtu, 15 September 2016
1.      M. Anwar, S.Ag
2.      Isriyanto, S.Pd.SD
SD Negeri 2 Muntok
2
KKG Bulan Oktober 2016
o   Informasi PTK/ Karil (penunjang kenaikan pangkat)
o   Pembentukan tim perumus soal Semester dan Try Out (TO) Th. Pembelajaran 2016/2017
Ketua
Sabtu, 15 Oktober 2016
Antar Guru
SD Negeri 23 Muntok
3
KKG Bulan November 2016
Publikasi Karya Ilmiah
Ketua
Sabtu, 26 November 2016
Marjono, S.Pd
SD Negeri 1 Muntok
4
KKG Bulan Februari 2017 (pertemuan I)
Sharing (tukar pikiran) metode pembelajaran di antara guru
Ketua
Sabtu, 18 Februari 2017
Ridwan Bahnan, S.Ag
Habibah Nasution, S.Pd
SD Negeri 3 Muntok
5
KKG Bulan Februari 2017 (pertemuan II)
ü  Bedah SKL
ü  Pembuatan Soal Try Out Tahun Pelajaran 2016/2017
Ketua
Selasa, 28 Februari 2017
Drs. Yusuf Yudhono
Budi Waluyo, M.Pd Mirwan Piadi, S.Pd.SD

SD Negeri 1 Muntok
6
KKG Bulan Maret 2017
ü  Pemaparan Strategi Proses Pembelajaran di Kelas
ü  Aplikasi Kisi-kisi Evaluasi Try Out Th. Pelajaran 2016/2017
Ketua
Sabtu, 11 Maret 2017
Mirwan Piadi, S.Pd.SD
Donaria Marbun, S.Pd.SD
SD Negeri 4 Muntok
7
KKG Bulan April 2017
ü  Evaluasi Hasil Try Out 2016/2017
Ketua
Sabtu, 22 April 2017
Antar Guru
SD Negeri 5 Muntok


PENUTUP

Demikian laporan yang dapat kami sampaikan untuk dapat dijadikan sebagai bahan pengembangan diri kegiatan kolektif guru KKG bagi penulis dan agar bisa dijadikan sebagai bahan perhitungan usulan Penetapan Angka Kredit (PAK) satu tahun.
Disqus Comments